IT Governance


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hallo semua,, kembali lagi di blog saya. Gimana nih kabarnya? Semoga masih diberi kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin..

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Pengelolaan Teknologi Informasi (IT Governance).

Yuk, mari kita simak.

     Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi informasi (TI) telah menjadi faktor kritis dalam keberhasilan organisasi. Namun, dengan kompleksitas sistem TI yang semakin tinggi, tantangan untuk mengelola infrastruktur teknologi dengan efektif dan efisien juga semakin meningkat. Inilah sebabnya mengapa IT Governance menjadi penting. IT Governance adalah kerangka kerja yang dirancang untuk memastikan bahwa keputusan dan tindakan terkait TI sejalan dengan strategi bisnis, mencapai tujuan organisasi, dan meminimalkan risiko.

 Teknologi Informasi (TI) mempunyai peranan yang sangat penting pada suatu perusahaan atau organisasi dalam pencapaian tujuannya. Pengelolaan TI secara baik dapat memberikan penilaian terhadap kesesuaian antara peranan TI dengan proses bisnis perusahaan. 

Apa itu IT Governance??

    IT Governance menurut COB [2] dapat diartikan sebagai suatu struktur dari hubungan dan proses yang mengarahkan dan mengatur organisasi dalam pencapaian tujuannya serta memberikan nilai tambah dari pemanfaatan TI. Selain itu juga dapat menyeimbangkan resiko yang ada dengan hasil yang diberikan oleh TI dan prosesnya. 

    Kata "governance" merupakan turunan dari kata "government", yang artinya membuat kebijakan (polities) yang sejalan/selaras dengan keinginan/aspirasi masyarakat atau kontituen (Handler & Lobba, 2005). Sedangkan penggunaan pengertian "governance" terhadap Teknologi Informasi (IT Governance) adalah penerapan kebijakan TI di dalam organisasi agar pemakaian TI (berikut pengadaan dan pelayanannya) diarahkan sesuai tujuan organisasi tersebut.

    Tujuan utama dari IT Governance adalah membuat teknologi informasi dan strategi perusahaan menjadi selaras serta membuat keuntungan dari penerapan TI menjadi nyata, perusahaan mengambil peluang bisnis dan keuntungan melalui pemanfaatan teknologi informasi yang baik, bertanggung jawab terhadap sumber daya TI, Manajemen resiko TI yang tepat.

    Suatu organisasi perlu mengimplementasi IT Governance yang menyediakan kerangka kerja praktikum dan kontrol terbaik untuk memastikan mereka sudah memenuhi persyaratan internal dan eksternal. Hal ini disebabkan karena adanya tuntutan dari shareholders, stakeholders and customers, sehingga saat ini organisasi patuh pada peraturan yang mengatur perlindungan informasi, akuntabilitas keuangan, retensi data, pemulihan bencana, dan lain sebagainya.

Peran IT Governance

  • Strategic, yakni peran kritikal yang ikut menjadikan bisnis strategi dapat bertahandan berjalan
  • High Potential, yakni peran yang penting dalam pencapaian kesuksesan dimasa yang akan datang
  • Key operational, pemanfaatan pada proses organisasi yang sementara berjalan
  • Support, peran yang bernilai namun tidak sampai pada tingkat kritikal


Dalam IT Governance terdapat beberapa pokok permasalahan yaitu : 

1. Strategic Alignment, terfokus pada pencapaian visi dan misi perusahaan yang selaras dengan bisnis perusahaan yang bersangkutan 

2. Value Delivery, terfokus pada optimalisasi nilai tambah TI untuk mencapai misi dari perusahaan 

3. Risk Management, terfokus pada mengidentifikasikan resiko-resiko yang timbul serta bagaimana menangani dampaknya. 

4. Resources Management, terfokus pada sumber daya dan infrastruktur yang mencukupi dan mengoptimalisasikan penggunaannya. 

5. Performance Measurement, terfokus pada pengukuran dan mengawasi pelaksanaan kinerja TI dan menyesuaikan penggunaan TI dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

    Pentingnya IT Governance antara lain membangun keselarasan antara Teknologi dan Bisnis, mengurangi risiko dan keamanan, meningkatkan kualitas dan efisiensi, memperkuat akuntabilitas dan transparansi, mendorong inovasi.

Kerangka Kerja Tata Kelola TI

ITIL®: ITIL, atau IT Infrastructure Library® , dikembangkan oleh Kantor Kabinet Inggris sebagai perpustakaan proses praktik terbaik untuk manajemen layanan TI. Diadopsi secara luas di seluruh dunia, ITIL didukung oleh ISO / IEC 20000: 2011, di mana sertifikasi independen dapat dicapai.

• COBIT®: Tujuan Kontrol untuk Teknologi Informasi dan Terkait (COBIT) adalah kerangka kerja kendali tata kelola TI yang membantu organisasi memenuhi tantangan bisnis saat ini di bidang kepatuhan terhadap peraturan, manajemen risiko, dan menyelaraskan strategi TI dengan tujuan organisasi. COBIT adalah kerangka kerja yang diakui secara internasional. Secara khusus, komponen Pedoman Manajemen COBIT berisi kerangka kerja untuk kontrol dan pengukuran TI dengan menyediakan alat untuk menilai dan mengukur kemampuan TI perusahaan untuk 37 proses COBIT yang diidentifikasi.

• ISO 27002: ISO 27002 (didukung oleh ISO 27001), adalah standar praktik terbaik global untuk manajemen keamanan informasi dalam organisasi.

Kesimpulan 

    IT Governance adalah elemen kunci dalam mengelola teknologi informasi secara efektif dan memastikan keselarasan dengan tujuan bisnis. Dengan menerapkan IT Governance yang baik, organisasi dapat meminimalkan risiko, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, meningkatkan kualitas layanan TI, memenuhi persyaratan kepatuhan, dan mencapai hasil yang diinginkan dari investasi TI. IT Governance juga membantu organisasi dalam mengambil keputusan yang tepat, mendorong inovasi, dan menjaga integritas dan kepercayaan terhadap sistem TI. Dalam lingkungan yang terus berkembang, IT Governance menjadi lebih penting daripada sebelumnya untuk menjaga kesuksesan dan daya saing organisasi di era digital.

Demikian penjelasan dan pendapat dari saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan.

Terimakasih,

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Referensi :

https://www.researchgate.net/publication/327688302_Pengelolaan_TI_IT_Governance_merupakan_suatu_bentuk_perencanaan_dalam_menerapkan_dan_menggunakan_TI_yang_digunakan_oleh_suatu_organisasi_agar_sesuai_dengan_visi_misi_dan_tujuan_dari_organisasi_TI_yang#:~:text=ArticlePDF%20Available-,Pengelolaan%20TI%20(IT%20Governance)%20merupakan%20suatu%20bentuk%20perencanaan%20dalam%20menerapkan,misi%20dan%20tujuan%20dari%20organisasi.

https://itgid.org/kupas-tuntas-tata-kelola-it-it-governance/

https://accounting.binus.ac.id/2020/12/20/it-governance/

Comments

Popular posts from this blog

Pentingnya Mempelajari Sistem Informasi

Development And IT Operations